18 Des 2016

Siska Yuniati Runner-up Alqolam-UPI Writing Festival 2016

Potongan cerpen karya Siska Yuniati.
Bantul–Guru MTs Negeri Giriloyo, Siska Yuniati, kembali menyajikan prestasinya dalam dunia penulisan fiksi. Kali ini cerpennya “Tarian Canting” menjadi pemenang kedua pada Alqolam Writing Festival 2016 di Universitas Pendidikan Indonesia (18/12).

Menurut Siska Yuniati, karya yang ditulisnya mengangkat cerita tentang tokoh Canting Abdillah yang ditinggal mati sang ayah ketika dirinya masih tujuh tahun dan sang adik baru tujuh hari.

Sebagai anak yang dibesarkan oleh ibu yang berprofesi sebagai buruh batik, Canting hidup sederhana bahkan harus membantu mengasuh sang adik sekalligus mengembalakan kambing. Sebagai anak biasa, kondisi itu bukan mudah bagi Canting. Dirinya bahkan sempat berniat lari dari rumah karena tidak dibelikan sepeda motor seperti teman-temannya.

Di sinilah titik balik kehidupan Canting. Ketika menyaksikan ibunya menangis saat dirinya akan minggat, Canting tidak tega. Sejak itu, dia bertekad menjadi anak baik yang bekerja keras, belajar serius, serta tidak melupakan ibadah.

Nasib baik akhirnya singgah padanya. Setelah mendapat beasiswa, akhirnya canting menjadi dosen di Bandung, menikah dengan seorang dokter, serta dikaruniai satu anak.

Lomba yang digelar sepanjang November-Desember 2016 ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan di Indonesia. Adapun penyelenggara kompetisi ini adalah UKM kepenulisan Alqolam, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sebagai pemenang pertama kompetisi tersebut adalah Hanifah Hikmawati dari Universitas Sebelas Maret sementara pemenang ketiga adalah Putu Asprila Sutejo dari Universitas Muhammadiyah Purworejo. (pjl)

SHARE THIS

Author:

Akun pengelola website MTs Negeri 3 Bantul.

0 comments: