1 Mei 2017

Guru BK MTsN 3 Bantul Lakukan Publikasi Ilmiah Penyesuaian Diri Siswa Santri Pondok Pesantren

Isti Bandini sedang mempresentasikan hasil penelitiannya (27/4).
Bantul--Publikasi ilmiah menjadi syarat utama seorang guru dalam pengembangan diri menuju peningkatan kualitas pembelajaran atau bimbingan. Prapublikasi berupa pembuatan karya ilmiah sering menjadi kendala seorang guru sehingga even publikasi itu masih tergolong langka. Diperlukan semangat seorang pendidik untuk melaksanakan kewajiban suci itu.

Demikian dilakukan oleh salah satu guru BK MTsN 3 Bantul Isti Bandini, M.Pd. yang telah berhasil menyusun sebuah karya ilmiah berupa eksperimen atau penelitian berjudul Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Guna Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren. Guru yang belum lama ini telah menyelesaikan studi S2 di UIN Sunan Kalijaga itu melaksanakan publikasi ilmiah pada Kamis (27/4) di forum MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan konseling) yang bertempat di MTs Ali Maksum.

Dalam publikasi ilmiah yang dihadiri para guru BK MTs se kabupaten Bantul itu, Isti menyampaikan pemaparan masalah yang berkaitan dengan siswa kelas VII madrasah tsanawiyah yang tinggal di pondok pesantren. Masih banyak ditemui kasus kurangnya penyesuaian diri mereka karena menjadi santri baru yang berpisah dengan keluarganya. Dengan model bimbingan kelompok berbais Islam yang dilakukan kepada para siswa santri itu alhamdulillah ada peningkatan penyesuaian diri secara signifikan sehingga membantu menemukan solusi yang dialami siswa santri di awal tahun tinggal di pesantren. (ist)

SHARE THIS

Author:

Akun pengelola website MTs Negeri 3 Bantul.

0 comments: