13 Nov 2017

Ekstra Pramuka MTs Negeri 3 Bantul Mainkan Egrang Bambu dan Egrang Bathok


GIRILOYO--Yogyakarta adalah provinsi yang bercirikhas istimewa. Keistimewaan Yogyakarta ditunjukkan pada tata pemerintahan yang bernuansa kraton. Di samping itu budaya tradisional tetap dilestarikan bahkan dikembangkan untuk menunjukkan keistimewaan kota gudeg ini. Di tingkat sekolah atau madrasah, pelestarian budaya lokal juga disarankan masuk dalam pelajaran Bahasa Jawa dan Seni Budaya. Akan lebih kreatif jika budaya tradisional dimasukkan juga dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Demikian dilakukan ekstra kurikuler Pramuka MTsN 3 Bantul yang dilaksanakan rutin tiap Rabu. Pada (8/11) ekstra pramuka mardrasah hijau Giriloyo itu mengadakan permainan tradisional berupa egrang bambu dan egrang bathok. Siswa peserta pramuka kelihatan tertarik dengan permainan itu dan sebagian dari mereka merasa asing dan belum mengenal permainan tradisional tersebut.

Koordinator Pramuka MTsN 3 Bantul Anwar Amien, MSI menandaskan bahwa permainan tradisional yang dimasukkan dalam kegiatan kepramukaan itu dimaksudkan agar anak-anak mengenal permainan nenek moyang bangsa sendiri dan termotivasi untuk melestarikannya.

“Bangsa kita bermartabat karena punya karakter sendiri yang sudah dilakukan orang-orang terdahulu diantaranya permainan tradisional. Ini adalah ciri khas keistimewaan daerah dan bangsa kita yang harus dikenal dan dilestarikan oleh generasi muda” ujar Amien. (ist)

SHARE THIS

Author:

Akun pengelola website MTs Negeri 3 Bantul.

0 comments: