13 Nov 2017

MTs Negeri 3 Bantul Pamerkan Minuman Tradisional pada Perayaan Sekaten


YOGYAKARTA--PMPS (Pasar Malam Perayaan Sekaten) Daerah Istimewa Yogyakarta adalah agenda tahunan yang digelar di alun-alun utara Yogyakarta, merupakan wahana pesta rakyat yang selalu menarik perhatian khalayak ramai. Agenda pameran, pentas budaya dan penjualan yang dilakukan di depan kraton Jogja itu digelar setiap sore sampai malam. Kementerian Agama DIY sebagai salah satu instansi pemerintah selalu menampilkan stand terpadu terdiri dari stand Kanwil dan 5 kabupaten/kota termasuk Bantul.

Kabupaten Bantul yang berlabel Kantor Kementerian Agama menyuguhkan stand khusus untuk madrasah secara bergiliran. Salah satu madrasah yang berpotensi budaya dan dipilih sebagai peserta pameran adalah MTsN 3 Bantul. Madrasah yang terletak di Giriloyo Imogiri Bantul itu mempunyai wilayah strategis di bidang budaya dengan ciri khas pengrajin batik dan wayang kulit. Di samping itu juga memiliki kreasi kuliner yang hebat diantaranya wedang canting, wedang uwuh celup dan teh gurah.

Pada Jumat (10/11) stand MTsN 3 Bantul merasa tersanjung karena mendapat kunjungan tamu istimewa yaitu Kakanwil Kemenag DIY Drs HM Lutfi Hamid, M.Si. Kehadiran Kakanwil disambut para pejabat di Kankemenag Bantul diantaranya Kasi Dikmad Drs. Rohyadi, MA dan Pranata Humas H. Ponijo, S.Ag, M.Pd.I. Kakanwil terkesan dengan kuliner kreatif yaitu wedang canting yaitu wedang jahe diberi pemanis gula aren, kemudian uwuh celup yaitu wedang uwuh tapi dikemas seperti teh celup. Berikutnya kuliner kreatif yang ditampilkan adalah teh gurah yaitu obat gurah yang diramu dalam bahan minuman teh. (ist)

SHARE THIS

Author:

Akun pengelola website MTs Negeri 3 Bantul.

0 comments: