26 Apr 2020

Upaya Preventif Kesehatan, Puskesmas Imogiri Lakukan Pemeriksaan di MTsN 3 Bantul

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah upaya pendidikan dan kesehatan. Upaya ini paling tepat dilakukan melalui institusi pendidikan sebagai tempat pembelajaran bagi para generasi penerus bangsa. Sekolah atau madrasah sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran harus menjadi health promoting school artinya sekolah yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya.
Demikian dilakukan oleh MTsN 3 Bantul, salah satu madrasah negeri yang mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menjamin kesehatan para anak didiknya di madrasah. Salah satu langkah yang dilakukan adalah bekerjasama dengan Puskesmas Imogiri yang secara rutin akan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bagi para siswa. Pada Kamis (6/2/2020) petugas Puskesmas mendatangi madrasah untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan atau disebut screening.
Screening dilakukan kepada siswa kelas VIII dan IX dan memakan waktu selama 5 hari. Sejumlah 300an siswa diajak untuk satu persatu melaksanakan check-up kepada dokter dan petugas kesehatan. Banyaknya jumlah siswa menyebabkan pemeriksaan tidak cukup dalam satu hari saja dan dokter didampingi petugas medis juga harus datang lima hari di madrasah. Petugas UKS MTsN 3 Bantul Dra. Endah Tyasingrum yang menerima  kehadiran pihak Puskesmas Imogiri mengaku senang dengan kerjasama ini dan berharap kolaborasi madrasah dan dinas kesehatan terus ditingkatkan menuju madrasah sehat dan bermartabat. (ist)

SHARE THIS

Author:

Akun pengelola website MTs Negeri 3 Bantul.

0 comments: