24 Feb 2021

Muhammad Anas Mufid, Siswa MTsN 3 Bantul Raih Juara Nasional Computational Thinking

 

Flyer prestasi computational thinking

Bantul (MTsN 3 Bantul) Computational thinking merupakan salah satu kompetensi baru yang akan masuk dalam sistem pembelajaran anak Indonesia. Hal yang melatarbelakangi kebijakan ini adalah upaya pemerintah mempersiapkan generasi muda yang melek literasi digital. Dalam ranah spesifikasi bidang akademik, computational thinking masuk dalam pembahasan ilmu komputer didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat menyajikan suatu masalah dan solusi masalah tersebut dalam suatu pernyataan algoritmis yang dapat dieksekusi oleh komputer. Secara teknis computational thinking melibatkan empat langkah: dekomposisi masalah, menemukan pola, abstraksi, dan penyusunan algoritma.

Lomba Computational Thinking diperkenalkan dalam Milad ke 32 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang dikemas dengan tajuk Kompetisi Tingkat Nasional ISC (Islamic and Sport Competition). Pada Jumat (19/2/2021) lomba paling bergengsi diantara 9 lomba ini diumumkan dan siswa MTsN 3 Bantul bernama Muhammad Anas Mufid berhasil merebut juara 1. Keberhasilan Mufid menjadi juara nasional ini amat membanggakan mengingat bidang yang diikuti tersebut akan mendukung keberhasilannya mengikuti Assesment Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI).

Pembimbing lomba Aswantri Bekti, S.Pd. mengaku senang dengan keberhasilan anak didiknya itu. Guru Bahasa Inggris madrasah hijau Giriloyo tersebut berkeyakinan bahwa Mufid akan mencapai kesuksesan juga dalam AKSI nanti. Sementara itu Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari, S.Pd.Si juga bersyukur dengan prestasi Mufid di tingkat nasional pada lomba kecerdasan yang telah diikutinya itu. “Prestasi Mufid menjadi modal MTsN 3 Bantul untuk terus mengembangkan potensi siswa di bidang akademik tingkat tinggi,” tuturnya. (ist)


SHARE THIS

Author:

Akun pengelola website MTs Negeri 3 Bantul.

0 comments: